Menu Melayang

Saturday, July 2, 2022

Pemiliknya Harus Muncul

Pemiliknya Harus Muncul. Karena semua produk bilang dia yang terbaik. Terjun dibidang produk kecantikan, semua produk bilang dia bisa putihkan, lembabkan, sehatkan, segarkan, hilangkan kerut, enyahkan mantan.

Saat jenis narasi itu dimana-mana bermunculan, maka benyak juga yang jadinya ga laku. Yang laku yang mau ngiklan terus menerus.

Agar berkesan.

Kami menemukan bahwa dari banyak produk kecantikan yang bermunculan, yang biasanya bisa sukses diserap pasar adalah produk yang ownernya muncul. Menjadi cerita.

Owner yang muncul dan bercerita sepanjang hari tentang hidupnya dan bagaimana perjuangan dia menjalankan dan membesarkan bisnisnya.

Dia cerita bahwa pagi masih sempat buatkan sarapan keluarganya, lalu ngantor, lalu ketemu klien-klien. Dia cerita visi dan mimpi-mimpinya.

.

“Bos, rencana bisnisnya sudah ada?” tanya Pak Ken barusan. Aku belum menjawabnya. Kapan itu sudah aku ajukan rencana bisnis. Namun beliau minta ada bonus jalan-jalan luar negerinya. Wah, harga produk jadi mahal. Padahal produk ini aku maunya jual murah saja. Yang penting kuantiti buanyak.

Nanti aku jawab.

.

Istriku bilang : “Apa bisa reseller produk sabun ini dibuatkan landing page seperti punya kita?” Aku bilang, bisa gratis asal belanja di kamu 2 juta. Istriku nawar 1 juta. Aku iyakan. Dan sebentar langsung ada yang mau beli paket 1 juta.

Aku bilang, ya kan, kemurahan.

Gapapa lah, kata dia.

Aku yang apa-apa, aku susah mbuatnya.

Ga bisa copy?

Siang tadi aku tandem dengan istriku via zoom mengajar perihal jualan online. Perusahaan dan tim mereka ada di Bekasi. Kami di Mojokerto.

Aku rasa jualan online itu ga bisa cuma dipasrahkan kepada orang-orang yang kita kasih gaji. Ga bisa asal digaji lalu mereka cukup punya hati sebesar hati ownernya untuk membesarkan bisnisnya.

Kita bisa gaji orang untuk posting, untuk buat web, untuk njoget di tiktok; tapi hati yang bener-bener pengen ini produk jadi laku, menolong banyak orang, belum tentu bisa semua orang punya.

.

Kamu buat produkmu buat apa? Cuma buat melaksanakan keinginanmu untuk kaya raya atau kamu buat produkmu buat bantuin orang agar bisa…

Jawab sendiri ya…

 

Yohan Wibisono

Ditulis tanggal 4 untuk tanggal 2

Blog Post

Related Post

Mohon maaf, belum ada postingan.

Back to Top

Copyright

Cari Artikel